5 Alasan Anda Harus Punya Asuransi Kesehatan Pribadi

Kesehatan penting bagi setiap manusia dan oleh karena itu perlindungan terhadapnya juga sangat penting. Manfaat asuransi kesehatan telah dirasakan oleh banyak orang, terutama dalam meminimalkan dampak finansial dari risiko penyakit di masa depan.

Kebanyakan orang membutuhkan asuransi kesehatan yang akan memberi mereka ketenangan pikiran dan melengkapi gaya hidup mereka dengan harga terjangkau.

Oleh karena itu, masyarakat mulai menyadari pentingnya memiliki asuransi kesehatan swasta. Alasan utama mengapa asuransi kesehatan swasta dapat dengan cepat menutupi biaya pengobatan jika terjadi keadaan darurat.

Terlebih lagi, biaya perawatan kesehatan di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Laporan Global Medical Trends Survey 2020 yang dirilis Willis Tower Watson menyebutkan bahwa inflasi medis bruto atau biaya perawatan kesehatan di Indonesia meningkat hampir 10% dari tahun sebelumnya. Sementara tahun ini, biaya perawatan kesehatan diprediksi akan kembali melonjak hingga 11%. Peningkatan ini diperkirakan akan lebih tinggi dari rata-rata biaya perawatan kesehatan di negara-negara Asia Pasifik yang menyentuh 7%.

1. Akses ke Banyak Rumah Sakit

Sejak pertama kali tiba di Indonesia, perusahaan asuransi swasta banyak bermitra dengan rumah sakit yang kompeten dan bersedia. Dengan jaringan rumah sakit yang luas dan bervariasi, Anda dapat memilih rumah sakit sesuai dengan preferensi Anda.

Misalnya, kita dapat mencari rumah sakit yang dekat dengan tempat tinggal kita atau menemukan rumah sakit tempat dokter biasa kita memiliki praktik.

2. Proses Lebih Mudah

Dengan banyaknya rumah sakit dalam jaringan, asuransi kesehatan menawarkan layanan prosedural yang lebih mudah bagi pemegang polis ketika mereka dirawat di rumah sakit. Misalnya, beberapa jenis penyakit tidak memerlukan sistem rujukan yang mengharuskan pasien membawa surat rekomendasi dari dokter spesialis. Ini jelas mempercepat proses perawatan.

Dengan kata lain, Anda dapat mengunjungi fasilitas kesehatan mana pun kapan saja selama mereka bermitra dengan penyedia asuransi Anda. Kita bahkan dapat memilih dokter pilihan kita. Inilah yang mendorong banyak orang untuk memilih asuransi kesehatan swasta sebagai bentuk perlindungan mereka terhadap tagihan medis.

3. Hemat Waktu

Antrean panjang adalah sesuatu yang kita coba hindari ketika kita sakit. Namun, sering kali, kita harus menunggu berjam-jam. Ini bisa membuat frustrasi jika Anda datang dengan orang tua atau anak-anak.

Jumlah pasien yang bisa dirawat di rumah sakit terbatas. Ini akan mengharuskan kita untuk bolak-balik ke rumah sakit untuk memeriksa ruang yang tersedia.

Memiliki asuransi kesehatan swasta memungkinkan kita untuk memiliki waktu tunggu yang lebih singkat sehingga kita dapat dilihat dan dirawat lebih cepat, dan menghemat waktu dan energi kita.

4. Nikmati Fasilitas Cashless

Dengan asuransi kesehatan, Anda tidak perlu membawa uang tunai ke rumah sakit, apalagi jika tiba-tiba harus ke Ruang Gawat Darurat. Jika asuransi kesehatan Anda memiliki fitur cashless atau non tunai, Anda hanya perlu menunjukkan kartu asuransi Anda di konter rumah sakit. Setelah itu, biaya akan dijamin terlebih dahulu oleh perusahaan asuransi ke rumah sakit.

Salah satu perusahaan asuransi yang memiliki fitur Cashless adalah Manulife Indonesia. Dengan fitur ini, Manulife akan membantu menutupi biaya pasien jika ada risiko sakit, sehingga keuangan Anda tetap bisa terlindungi.

5. Santunan Tunai

Manfaat lain yang ditawarkan oleh asuransi swasta adalah manfaat tunai yang diberikan saat pasien dirawat di rumah sakit. Manfaat ini berguna bagi keluarga pasien yang setiap hari menunggu di rumah sakit, sebagai pengganti biaya transportasi atau biaya penginapan keluarga.

Ada alasan di atas yang menunjukkan asuransi memberi kenyamanan lebih. Dengan asuransi swasta, Anda tidak perlu menunggu lama untuk pelayanan, bisa memilih rumah sakit dan spesialis, hingga memilih kamar rawat inap yang lebih menarik.